Menerapkan Digital Marketing Pada Sebuah Bisnis

Menerapkan Digital Marketing Pada Sebuah Bisnis

Perusahaan memfokuskan kegiatan promosi, periklanan, sosialisasi, pengelolaan krisis, bahkan sampai layanan pelanggan pun difokuskan untuk dilakukan melalui media digital, terutama media sosial. Penggunaan media sosial sebagai salah satu pilar utama digital marketing sudah menjadi tren yang tidak dapat digantikan dengan apapun sejauh ini. Hal ini membuat digital marketing sebagai salah satu prioritas utama yang harus diterapkan oleh suatu perusahaan.

Namun pada prakteknya, penggunaan media sosial sering disalahartikan. Perusahaan seringkali salah paham terhadap goals atau tujuan yang perlu mereka prioritaskan dalam penggunaan media sosial. Media sosial bukanlah suatu alat yang hanya dapat mengerjakan satu hal dan menghasilkan satu hasil yang mutlak. Media sosial bekerja secara dinamis, dan hasil yang diberikan pun bermacam-macam. Itulah sebabnya perusahaan harus menentukan dulu goals atau tujuan prioritas mereka dalam menggunakan media sosial.

Berikut adalah 6 elemen penting dari perencanaan digital marketing yang dapat membantu brand kita menonjol dari kerumunan yang ada:

Website yang responsive

Situs web kita seharusnya tidak lagi hanya menjadi brosur online. kita harus membuatnya menjadi mobile-friendly, mendorong interaksi pengunjung website kita untuk mengambil tindakan. Sebanyak 30% traffik pencarian berasal dari perangkat seluler / mobile phone, sehingga kita perlu menciptakan pengalaman yang positif kepada pengunjung website kita.

Buat campaign yang terukur

Search Engine Marketing (SEM) dan Searh Engine Optimization (SEO) adalah strategi pemasaran yang vital untuk membawa konsumen kita ke situs web kita. Ketika melakukan strategi pemasaran ini, baik pencarian secara organik maupun iklan pay-per-click, kita perlu memantau hasilnya sehingga anggaran kita tidak melonjak. kita dapat melacak peringkat, referrals, dan link yang membantu kita menganalisis strategi SEO kita.

digital marketing
Photo by Firmbee.com on Unsplash

Email marketing

Mengirim email marketing yang tertarget dengan baik dan konsisten adalah salah satu cara paling efektif untuk menumbuhkan pelanggan yang setia. Strategi email marketing ini dapat kita lakukan pada bisnis baru kita ataupun bisnis yang saat ini sedang berjalan.

Menambahkan social media

Berapapun besarnya ukuran bisnis kita, media sosial dapat memainkan peran dalam membangun brand awareness, mengarahkan traffic yang tertarget ke website kita, dan membangun purchase intent.

Content marketing

Menciptakan konten yang berkualitas tinggi secara konsisten masih merupakan cara terbaik untuk menggaet customer. Dengan menggunakan content calendar, kita dapat mengkoordinasikan campaignkita, merencanakan publikasi kita, dan mengatur editorial kita.

Ukur, analisa, dan improvisasi

Mengukur kemajuan sangat penting untuk strategi pencarian yang sukses. Laporan yang terperinci memungkinkan kita membuat keputusan yang tepat sebelum melakukan perbaikan. Gunakan google analytics untuk memantau progress website kita.

Post Comment