Kospin Jasa Siap Dukung UKM Lebih Maju Melalui Training Digital Marketing

Kospin Jasa Siap Dukung UKM Lebih Maju Melalui Training Digital Marketing

Penggunaan internet di Indonesia naik secara signifikan dalam 10 tahun belakangan ini. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata penduduk Indonesia yang pernah mengakses internet hanya 14,94% pada tahun 2013. Pada tahun-tahun berikutnya, proporsinya kian membesar hingga mencapai 66,48% pada tahun 2022. Namun penetrasi internet yang meningkat tidak sebanding dengan pertumbuhan ekonomi yang diharapkan. Masyarakat yang menggunakan internet untuk berbisnis masih sedikit, terutama bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Seperti yang diketahui bahwa UKM memiliki peran yang sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia. Berdasarkan data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia pada tahun 2022, kontribusi UMKM terhadap PDB mencapai 60,5%. Lalu bagaimana mengoptimalkan bisnis UKM berbasis digital agar bisa menjadi kekuatan ekonomi baru untuk Indonesia?

Pemanfaatan digital marketing untuk UKM melalui Training di Kospin Jasa

Manfaat pemasaran digital bagi UKM antara lain adalah dapat terhubung dengan mudah dengan konsumen secara online, konversi penjualan yang lebih tinggi bagi konsumen tertarget, biaya pemasaran yang lebih hemat, dapat melayani konsumen secara real time dan potensi peningkatan daya jual bagi UMKM. Namun yang terjadi di lapangan adalah masih banyak pelaku UKM yang kurang teredukasi mengenai pengetahuan digital marketing. Jika ada UMKM yang sudah go digital, biasanya pelakunya berdomisili di kota-kota besar, seperti Bandung dan Jakarta.

Pentingnya memahami digital marketing untuk mendorong UKM juga diamini oleh Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa. Sejak awal berdiri, Kospin Jasa memiliki visi untuk mendukung kehadiran pengusaha UKM. Oleh karena itu, Kospin Jasa mengundang Kanaka Academy untuk mengisi pelatihan yang bernama Corporate Training “Effective Use of Digital Marketing”. Pelatihan yang diadakan pada 14-15 Februari 2023 di Pekalongan ini mengundang perwakilan cabang dari berbagai daerah di pulau Jawa dan Bali sebagai peserta pelatihan digital marketing. Bersama pemateri Chrisma Wibowo, Kanaka Academy mengisi materi digital marketing mulai dari pengetahuan mendasar tentang jenis-jenis media sosial dan pengoperasiannya, hingga membahas tentang cyber security. Pada tiap sesi, peserta pelatihan digital marketing diajak untuk praktik langsung bagaimana membuat konten di media sosial. Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta tiap cabang dapat lebih sering membuat konten di media sosial yang tujuannya untuk awareness produk UKM, sehingga UKM Indonesia jadi lebih maju.

Post Comment